Hello,This is me!

Muhamad Wahidin Jaelani

Professional Creativ Designer Editor vidio Web Deppeloper

Tuesday 23 February 2016

kecamatan cikeusal

sumber :http://serangkab.go.id
KECAMATAN CIKEUSAL


Kecamatan Cikeusal merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Serang yang wilayahnya berdekatan dengan kecamatan Petir dan Kecamatan Pamarayan. Hal tersebut memungkinkan daerah itu menjadi tempat strategis dalam memasarkan hasil olahan pangan dan kerajinan penduduk setempat. Beberapa diantara olahan pangan yang menjadi andalan kecamatan Cikeusal adalah jamur tiram, lemper, dan lepet. Selain hasil olahan pangan, ada juga beberapa kerajinan yang biasa dibuat oleh masyarakat Bojonegara sebagai hasil kerajinan tangan home industry. Beberapa contoh hasil kerajinan tangan olahan home industry yaitu golok.
Wilayah kecamatan Cikeusal terdiri dari tanah pertanian dan perkebunan yang tersebar luas di seluruh hamparan wilayah kecamatan Cikeusal. Hal tersebut memungkinkan penduduk kecamatan Cikeusal memilih mata pencaharian sebagai petani dan ada pula beberapa diantaranya menjadi pengelola kebun. Daerah pertanian di kecamatan Cikeusal menjadi potensi besar bagi masyarakat untuk menghasilkan beras sebagai kebutuhan pangan yang paling utama. Sebagian masyarakat kecamatan Cikeusal lainnya memilih usaha pembudidayaan jamur tiram. Jamur tiram merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa dipilih oleh masyarakat untuk dijadikan capcay ataupun sop dicampur dengan aneka sayuran lainnya, yang rasanya tentu saja sangat menakjubkan.
Kecamatan Cikeusal memiliki produk unggulan berupa kerajinan tangan yaitu golok. Sebuah benda bermata pisau tajam dengan gagang terbuat dari kayu. Golok merupakan atribut kebesaran bagi seorang prajurit daerah Banten. Mungkin tidak hanya berada di Kecamatan Ciruas tetapi di daerah lain di propinsi Banten juga biasa memproduksi benda ini. Pada masa kini, golok tidak hanya dijadikan senjata prajurit daerah Banten, tetapi menjadi alat untuk membantu kegiatan manusia sehari-hari, seperti alat untuk memotong kayu, membelah kelapa, dan lain sebagainya.
Banyak masyarakat kecamatan Cikeusal yang memilih untuk menghasilkan produk pangan. Olahan pangan yang sangat digandrungi oleh masyarakat setempat yaitu lemper dan lepet. Lemper dan lepet adalah jenis makanan yang terbuat dari beras. Dengan berbagai proses yang luar biasa cermat dan teliti serta dicampur dengan aneka bumbu yang menggugah selera sehingga menghasilkan bentuk olahan makanan dengan citra rasa yang tinggi dan berkualitas yang disebut lemper dan lepet. Baik olahan pangan maupun kerajinan tangan tersebut dipasarkan ke seluruh wilayah Kecamatan Cikeusal dan beberapa wilayah sekitarnya.

Demi memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Serang yang ke-488, Kecamatan Cikeusal ikut berpartisipasi dalam kegiatan pameran yang diselenggarakan pada bulan September 2014 bertempat di alun-alun Kabupaten Serang. Masyarakat kecamatan Cikeusal sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan pameran tersebut dengan menampilkan produk-produk unggulan mereka diantaranya adalah lemper, lepet, jamur tiram dan golok. Tentu saja hal itu menjadi daya tarik besar para pengunjung untuk mengunjungi stand kecamatan Cikeusal tersebut

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

M Wahidin J
0813 1686 3560
Serang, Banten

SEND ME A MESSAGE